Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News:

latest

Ads Place

Bagaimana Emosi dan Pikiran Mempengaruhi Kesehatan?

Pikiran dan emosi Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda. Emosi yang dialami secara bebas dan diekspresikan tanpa penilaian atau keterikatan ...







Pikiran dan emosi Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda. Emosi yang dialami secara bebas dan diekspresikan tanpa penilaian atau keterikatan cenderung mengalir dengan lancar tanpa memengaruhi kesehatan kita. Di sisi lain, emosi yang tertekan (terutama perasaan takut atau negatif) dapat menghabiskan energi mental, berdampak negatif pada tubuh, dan menyebabkan masalah kesehatan.

Penting untuk mengenali pikiran dan emosi kita dan menyadari pengaruhnya — tidak hanya pada satu sama lain, tetapi juga pada tubuh, perilaku, dan hubungan kita .

Emosi negatif yang tidak terkelola dengan baik tidak baik untuk kesehatan Anda


Sikap negatif dan perasaan tidak berdaya dan putus asa dapat menciptakan stres kronis , yang mengganggu keseimbangan hormon tubuh, menguras bahan kimia otak yang dibutuhkan untuk kebahagiaan, dan merusak sistem kekebalan. Stres kronis ternyata bisa menurunkan umur kita. (Ilmu pengetahuan sekarang telah mengidentifikasi bahwa stres memperpendek telomere kita, untai DNA kita, yang menyebabkan kita menua lebih cepat.)

Kemarahan yang tidak terkelola atau tertekan (permusuhan) juga terkait dengan banyak kondisi kesehatan, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), penyakit kardiovaskular , gangguan pencernaan , dan infeksi.

Pentingnya Emosi Positif


Ilmuwan Barbara Fredrickson telah menunjukkan bahwa emosi positif:

Memperluas perspektif kita tentang dunia (dengan demikian menginspirasi lebih banyak kreativitas, keajaiban, dan pilihan)
Bangun seiring waktu, ciptakan ketahanan emosional yang langgeng dan berkembang.

Dr Fredrickson telah menghabiskan waktu bertahun-tahun meneliti dan mempublikasikan manfaat fisik dan emosional dari kepositifan, termasuk pemulihan yang lebih cepat dari stres kardiovaskular, tidur lebih nyenyak , lebih sedikit pilek, dan rasa bahagia yang lebih besar secara keseluruhan. Kabar baiknya bukan hanya bahwa sikap positif — seperti kesenangan, rasa syukur , kagum, cinta, minat, ketenangan, dan perasaan terhubung dengan orang lain — memiliki dampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan, tetapi kita dapat mengembangkannya sendiri dengan latihan.

Mengatasi Bayangan Negatif Kita


Karena kita terikat untuk bertahan dari ancaman dan kehilangan dalam hidup, kita cenderung memprioritaskan yang buruk daripada yang baik. Meskipun ini adalah mekanisme bertahan hidup yang rapi bagi seseorang yang perlu tetap waspada dalam lingkungan yang berbahaya, kenyataannya bagi kebanyakan dari kita, "bayangan negatif" ini kontraproduktif.

"Bayangan negatif" kita berarti bahwa kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk merenungkan frustrasi kecil yang kita alami — lalu lintas yang buruk atau perselisihan dengan orang yang kita cintai — dan mengabaikan banyak kesempatan yang kita miliki untuk mengalami rasa takjub , kagum , dan syukur sepanjang hari.

Untuk mengimbangi bayangan negatif ini dan mengalami keadaan emosi yang harmonis, bahwa kita perlu membangun tiga emosi positif untuk setiap emosi negatif. Ini dapat dilakukan dengan sengaja bagi kita yang kurang “terhubung” dengan kepositifan. Emosi positif ini secara harfiah membalikkan efek fisik negatif dan membangun sumber daya psikologis yang berkontribusi pada kehidupan berkembang.

Peran Penerimaan


Penerimaan berarti menerima sepenuhnya bahwa peristiwa negatif telah terjadi dan melepaskan perasaan negatif kita seputar keadaan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa pengampunan membantu kita mengalami kesehatan mental, emosional, dan fisik yang lebih baik.

Praktek Penerimaan juga telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik dan umur panjang. Penelitian lain menunjukkan bahwa penerimaan memiliki lebih dari sekedar efek metafora pada jantung: itu sebenarnya dapat menurunkan tekanan darah kita dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular juga.

Manfaat Syukur


Brene Brown membahas hubungan antara kegembiraan dan syukur. Mengakui aspek-aspek kehidupan yang baik dan mengucap syukur memiliki dampak yang kuat pada kesejahteraan emosional. Dalam sebuah penelitian penting, orang yang diminta untuk menghitung berkat mereka merasa lebih bahagia, lebih banyak berolahraga, memiliki lebih sedikit keluhan fisik, dan tidur lebih baik daripada mereka yang membuat daftar kerepotan.

Brené Brown telah menemukan bahwa ada hubungan antara kegembiraan dan syukur, tetapi dengan twist yang mengejutkan: Bukan kegembiraan yang membuat kita bersyukur, tetapi syukur yang membuat kita bahagia.

Emosi Positif Mengarah Pada Ketahanan Emosional


Emosi positif memiliki tujuan ilmiah — untuk membantu tubuh pulih dari efek buruk emosi negatif yang terus-menerus. Dengan demikian, memupuk sikap positif dari waktu ke waktu dapat membantu kita menjadi lebih tangguh dalam menghadapi krisis atau stres.

Ketahanan emosional seperti karet gelang — tidak peduli seberapa jauh orang yang ulet diregangkan atau ditarik oleh emosi negatif, dia memiliki kemampuan untuk bangkit kembali ke keadaan aslinya.

Orang yang tangguh dapat mengalami emosi yang keras seperti rasa sakit, kesedihan, frustrasi, dan kesedihan tanpa hancur berantakan. Orang yang tangguh tidak menyangkal rasa sakit atau penderitaan yang mereka alami; sebaliknya, mereka mempertahankan rasa positif yang membantu mereka mengatasi efek negatif dari situasi mereka. Faktanya, beberapa orang dapat melihat masa-masa sulit dengan optimisme dan harapan, mengetahui bahwa kesulitan mereka akan mengarah pada pertumbuhan pribadi dan pandangan hidup yang lebih luas.

Ekspresikan Emosi Anda


Banyak orang takut mengungkapkan emosi yang kuat karena takut kehilangan kendali. Latihan ini dapat membantu Anda untuk memiliki emosi dan belajar bagaimana mengekspresikannya dengan cara yang aman dan sehat.

Mulailah dengan mengidentifikasi apa yang Anda rasakan saat ini, pada saat ini.

Berlatihlah mengatakan apa yang Anda rasakan dengan lantang, menggunakan bahasa "Saya". Misalnya: Saya merasa marah, saya merasa sedih, saya merasa takut. Kuasai emosi Anda.

Mulailah dengan mengekspresikan emosi Anda saat Anda sendirian. Setelah Anda merasa lebih nyaman, berlatihlah dengan seseorang yang memiliki hubungan yang aman dan saling percaya dengan Anda.

Akhirnya mulailah berlatih dalam situasi yang lebih menantang. Ingatlah untuk tidak menyalahkan orang lain dan terbuka untuk mendengarkan pengalaman mereka. Anda juga dapat meminta masukan dari orang lain.

Ambil Napas Positif


Tarik napas ke perut yang lembut, serap cahaya, cinta, dan energi penyembuhan. Bayangkan ini jelas, cerah, atau berkilau. Rasakan diri Anda menjadi lebih cerah saat Anda dipenuhi dengan cahaya dan kegembiraan.
Buang napas sepenuhnya, lepaskan keadaan atau perasaan negatif apa pun. Anda mungkin membayangkannya sebagai kegelapan atau kabut. Jika Anda memiliki kemarahan, ketakutan atau kesedihan, keluarkan. Jika Anda mengalami ketegangan, kecemasan, atau kekhawatiran, lepaskan saat Anda mengeluarkan napas.

No comments

Ads Place